Thursday, December 4, 2008

Desain Grafis Untuk semua orang

1. Apa yang dimaksud dengan Desain Grafis?

Desain Grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam Gambar.

2. Apa yang diperlukan seorang desainer grafis?

Desainer grafis memerlukan wawasan luas dari disiplin ilmu yang lain. karena pada dasarnya seorang desainer adalah seorang pemecah masalah (problem solver) dan pengambil keputusan.

3. Haruskah desainer grafis bisa menggambar manual?

Tergantung kasusnya, karena disain grafis banyak cabang keahlian, antara lain : ilustrator, komikus, kartunis, animator3D, animator2D, character modeller, desain layoutmajalah, webdesigner, multimedia director dll. Untuk spesialis ilustrator, komikus, kartunis kemampuan gambar secara manual mutlak dikuasai dengan baik. Namun untuk webdesigner, multimedia director, modeler/animator 3D lebih mengutamakan kemahiran pada software, namun lebih baik lagi jika menguasai menggambar sketsa.

4. Untuk membuat gambar yang baik apakah perlu bakat sejak lahir?

Lebih baik begitu. Tapi bakat saja tidak cukup karena perlu diasah dan dilatih terus menerus. Jika anda merasa tidak punya bakat, anda harus berpikir lebih cerdas dan berlatih lebih keras. Namun hal tersebut akan menjadi beban jika anda tidak punya minat.

5. Berapa lama untuk menjadi designer grafis yang baik?

Tergantung jam terbang. Jika anda setiap hari berlatih mendesain pengalaman yang berbeda, bisa jadi dalam 3 bulan, orang lain akhirnya akan mengakui kehebatan anda. Jika anda kuliah di sekolah desain grafis tapi anda hanya membuat tugas 2 minggu sekali, bisa jadi karya anda akan dianggap baik setelah 5 tahun.

6. Bagaimana menimbulkan ide dalam mendesain?

Agar ada ide2 kreatif dalam mendesain, banyak-banyaklah bergaul, berpergian, membaca, mendengar, menonton yang kita suka maupun tidak suka.

7. Bolehkah saya meniru/menjiplak?

Untuk tujuan pembelajaran, meniru/menjiplak adalah cara yang diperbolehkan bahkan dianjurkan. Tapi jika untuk tujuan komersil, tidaklah boleh.

8. Karya kreatif apakah harus orisinil?

Orisinil adalah hal yang sulit dicapai 100%. Orisinil adalah motivasi bagi designer agar dirinya lebih aktual. Kenyataanya karyanya sering ada kesamaan dengan karya orang lain baik sadar maupun tidak sadar. 'jujur' adalah kata kuncinya

sumber : tips n trik computer graphics design

No comments: